Kamis, 22 Desember 2016

Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai cara mengatasi nyeri saat menstruasi yang pada umumnya dirasakan pada setiap wanita. Seperti pada artikel sebelumnya yang sudah kita bahas mengenai nyeri pada saat menstruasi, wanita tidak perlu khawatir karena itu merupakan gejala normal dari fase menstruasi atau manstrual Syndrome. Penyebab Menstruasi disebabkan
karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon.

Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh. Ada juga yang mengatakan bahwa menstruasi disebabkan estrogen dan hormon menstruasi yang berinteraksi dengan serotin. menstruasi juga dihubungkan dengan adanya asupan vitamin B , kalsium dan juga magnesium. Gejala menstruasi akan muncul satu atau dua minggu sebelum anda mengalami menstruasi.

Gejala yang biasanya terjadi saat akan mengalami menstruasi, yaitu:
1.    Payudara nyeri dan mengalami kram
2.    tumbuh jerawat berlebih
3.    Nyeri pada perut bagian bawah
4.    Kembung
5.    Depresi
6.    Kelelahan

Berikut beberapa cara mengatasi nyeri saat haid yang dapat dilakukan:
1.    Perbanyak Konsumsi makanan sehat
Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan,labu dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.

2.    Lakukan Kompres perut
Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas. Adapula yang melakukan rileksasi dengan cara berendam di dalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.

3.    Berbaring sesaat meredakan rasa nyeri
Cobalah berbaring untuk mengurangi rasa nyeri karena umumnya rasa nyeri saat menstruasi pada bagian pinggang. Untuk itu dengan cara berbaring akan meredakan rasa nyeri.

4.    Lakukan Pijatan lembut
Melakukan pemijatan ringan dapat dilakukan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang. Lakukan juga pemijatan secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit dan juga bisa menyempurnakan pijatan ringan di sebelah otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.

5.    Cobalah dengan Meminum ramuan Jamu alami
Cobalah mengkonsumsi obat tradisional yang sering digunakan dalam mengatasi nyeri haid semisal daun dewa, kunyit, beras kencur. Cara menggunakan ramuannya dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.

6.    Lakukan Olahraga sederhana atau ringan
Olahraga yang bisa membantu anda meringankan nyeri haid adalah dengan berjalan kaki. Dengan melakukan jalan kaki dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung yang dapat di lakukan selama 30 menit secara teratur. Jogging juga bisa menjadi alternatif untuk anda meringankan nyeri haid. Dengan jogging anda dapat memperlancar aliran darah sekaligus untuk  meningkatkan metabolisme tubuh. Alternatif lainnya yaitu yoga. Dengan  yoga anda dapat mengatur pernapasan saat menstruasi selain itu juga olahraga ringan seperti yoga dapat membuat anda rileks serta meningkatkan sirkulasi darah

7.    Coba lakukan Konsultasikan kepada dokter
Pilihan dokter yang disarankan untuk berkonsultasi mengenai rasa nyeri tersebut. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokter akan membantu anda untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat.