Rabu, 04 Januari 2017

Bahaya kutil dan cara mengatasinya!

Kulit mulus adalah keinginan setiap orang terutama wanita, sedangakan banyak sekali gangguan yang sering diderita dan mudah ditemukan dimasyarakat. Bermacam penyakit yang mudah menyerang seperti kutil salah satunya. Kutil
sendiri memiliki pertanda kesehatan kulit yang umumnya dengan tumbuhnya benjolan kecil dengan tekstur kasar persis seperti yang sering disebut kapalan yang berada pada permukaan kulit.

Gangguan kulit yang satu ini umumnya disebabkan virus yang disebut human papilloma virus atau disingkat HPV. Virus ini menyerang lapisan kulit dan membuat produksi keratin atau protein keras menjadi meningkat akibatnya protein yang diproduksi memiliki jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan protein keras selanjutnya menumpuk di bagian atas kulit kemudian membentuk benjolan yang bertekstur kasar disebut kutil.
Penyakit kutil ini termasuk penyakit yang mudah menular dan penularannya tergolong mudah dengan terjadi sentuhan langsung dengan kulit penderita atau benda yang telah terkontaminasi virus HPV. Dalam beberapa kasus, sebagian kulit orang yang tersentuh virus HPV tidak langsung terkontaminasi atau menderita penyakit kulit jenis ini. Kondisi ini disebabkan karena kekebalan tubuh atau imunitas tubuh masing-masing. Penularan penyakit ini sangat mudah sebagai contoh kasus bila terkena darah dari kutil si penderita dan tidak cepat di bersihkan, namun faktor penting penularan tetap di tentukan dan imunitas tubuh penderita.

Kutil memiliki Gejala Sebagai berikut:
Pada beberapa kasus, kutil sering di temukan berupa benjolan yang dapat berbentuk bulatan, lonjong, oval atau terkadang abstrak. Kutil sendiri memiliki tekstur yang kasar dan hal yang sedikit terlihat membedakan dari benjolan kasar yang disebut kapalan adalah terdapat sepeti akar akar kutil pada benjoan tersebut.

Jangan khawatir, kutil tidak termasuk dan tidak bersifat kanker. Namun yang dikhawatirkan apabila kutil sudah tumbuh menyebar ke daerah tubuh lainnya. Karena kutil tidak hanya sekedar menyebar ke orang lain, tetapi kutil tidak hanya tumbuh satu pada satu penderita. Kutil seperti virus kanker yang apabila tumbuh satu maka akan menyebar dan tumbuh ke seluruh organ tubuh lainnya.

Hal ini tentu akan mengganggu keindahan kulit kita dan akan menggangu rasa percaya diri. Beberapa kasus telah ditemukan kutil tumbuh ke seluruh bagian tubuh seseorang yang tentunya ini menyebabkan seperti monster kutil.

Cara Pengobatan yang dapat ditempuh untuk menghilangkan kutil:
Kutil juga dapat hilang dengan sendirinya, namun tidak keseluruhan penderita memiliki kasus seperti ini. Untuk itu, usaha yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil dan meredakan penyebarannya. Usaha ini dapat ditempuh dengan cara tradisional dan modern hingga yang mainstream dan antimainstream, berikut beberapa caranya yang sering kita temui di masyarakat:
  1. Dengan cara menusukkan atau menyematkan duri ikan asin yang dipercaya dapat mengeringkan kutil dan diasumsikan kutil dapat lepas dengan sendirinya.
  2. Dengan cara menyayat kutil hingga ke akar nya, namun tentunya ini cukup sakit dirasakan.
  3. Dengan mengoleskan obat kutil yang dapat di temui di apotik terdekat.

Namun cara terbaik yang seharusnya ditempuh dengan menemui dokter kulit terdekat untuk berkonsultasi dan melakukan pengobatan. Beberapa hal yang umumnya disarankan oleh dokter seperti pemberian krim kulit, menggunakan terapi laser dengan cara cryotherapy atau pembekuan area kulit yang sakit dengan nitrogen,
Penyakit kutil ini sering kali muncul dengan sendirinya dan di dampingi dengan beberapa mitos penyebab dan mengatasinya. Namuun yang terpenting tetaplah jaga kebersihan dan kesehatan serta pola hidupnya.