Kamis, 05 Januari 2017

Yuk peduli menjaga kesehatan mata!

Kecanggihan alat yang super modern pada saat ini tentu memiliki dua sisi pandangan, layaknya dua sisi mata uang yang dapat memberikan manfaat juga dampak buruk apabila kita tidak bisa bertindak bijak. Kecanggihan itulah yang juga memberikan dampak
negatif pada kebiasaan setiap individu seperti gadget yang sangat dibutuhkan tidak hanya dari kalangan menengah atas, tua, muda, bahkan orangtua mempercayakan manfaat pemberian gadget kepada balita nya agar balita memiliki keasikan main tersendiri.

Tanpa disadari semua kebiasaan itu miliki dampak buruk yang apabila terus dibiarkan dan dilakukan akan menyebabkan gangguan pada kesehatan termasuk kesehatan mata. Kebiasaan menatap gadget baik itu android, laptop atau pun kebiasaan menonton layar televisi dalam jangka waktu lama akan membuat kerusakan atau gangguan kesehatan pada mata semisal rasa letih pada mata, perih, berat hingga kabur dalam pandangan baik pandangan jarak jauh maupun dekat.

Seperti saran yang terus saya sampaikan pada setiap artikel, menjaga pola hidup sehat itu penting! Syah tentunya apabila penggunaan gadget itu menjadi hal vital apalagi untuk hal pekerjaan. Namun penting harus diimbangi dengan menjaga kesehatan mata agar tetap dalam kondisi baik dan tidak menimbulkan bahaya yang mengkhawatirkan kedepannya.

Dalam artikel kali ini, mari kita simak tips merawat dan menjaga kesehatan mata yang dapat kita terapkan dan kehidupan sehari hari, diantaranya:
1. Mengkonsumsi vitamin A
Mengkonsumsi vitamin adalah cara yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mata. Untuk mengkonsumsi vitamin A dapat kita jumpai pada jenis sayuran yang memang sudah bukan rahasia lagi mengandung kaya vitamin A yaitu wortel yang dapat dikonsumsi dengan cara dimasak atau di buat minuman jus. Cara lain juga dapat dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A tentunya sesuai saran dari dokter untuk membantu meminimalisir resiko atau potensi degenerasi penglihatan.

2. Menjaga stabilitas tekanan darah
Sudah menjadi hal yang umum bahwa tekanan darah dapat sangat mempengaruhi kesehatan tubuh terutama tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering kita jumpai kasus penyakit yang dialami oleh masyarakat. Kondisi ini juga dapat menyerang kesejatan mata akibat meningkatnya tekanan darah yang dikhawatirkan dapat memecah pembuluh darah hingga darah menyumbat bila mengalir ke mata. Apabila kasus tersebut sudah separah itu maka akan menyulitkan nutrien protektif dalam menyingkirkan sisa-sisa radikal bebas yang ada di mata.

3. Mengkonsumsi asupan antioksidan
Bahaya ketika tubuh dalam kondisi kekurangan antioksidan dapat berakibat rentan terserang berbagai jenis penyakit salah satunya tentu yang sedang kita bahas yaitu bahaya degenerasi penglihatan. Untuk mengatasi kondisi ini disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan, vitamin C dan E, lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin dapat membantu pembentukan pigmen yang bekerja menyaring sinar berbahaya.

4. Mengkonsumsi telur kuning
Mengkonsumsi kuning telur ternyata dapat membantu menambah asupan lutein dan zeaxanthin.

5. Mengkonsumsi Ikan
Mengkonsumsi lemak ikan seperti pada sarden dan salmon dapat membantu mengurangi 30% resiko penyakit degenerasi penglihatan.

6. Membiasakan olahraga mata
Riset menghasilkan bahwa terlalu sering mata terpapar cahaya gadget dapat berakibat besar terserang degenerasi pengelihatan. Selain bahaya gadget, membaca dalam kondisi kurang cahaya juga berbahaya. Biasakan ketika sedang membaca buku lalu untuk beberapa saat melihat jarak jauh lanjut jarak dekat secara bergantian agar urat mata rileks dan tidak tegang.

Beberapa saran dan cara tersebut di sajikan guna sebagai referensi menjaga kesehatan mata.