Senin, 19 Desember 2016

Beberapa Cara Pencegahan Penyakit Kista Ovarium

Penyakit kista adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti selain itu penyakit ini juga dianggap sebagai silent killer, karena gejala dan penyakitnya yang sulit terdeteksi. Namun kista pada stadium tertentu mengandung tingkat kematian yang tinggi. Berbeda dengan kanker serviks yang pencegahannya bisa dilakukan dengan
papsmear (check up kesehatan), Kista ovarium masih amat sulit untuk dideteksi. USG, CT-scan, pemeriksaan anatomi, dan laparoskopi adalah beberapa cara yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaannya tak jarang jalan operasi pembedahan pun kerap dilakukan. Sebagai penyakit yang memiliki tingkat bahaya yang besar dan sulit dideteksi, ada baiknya anda melakukan pencegahan, agar anda tidak terjangkit penyakit ini.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan terhadap kista:
1.    Kurangi makanan yang berkadar lemak tinggi
Konsumsi lemak dalam kuantitas yang besar mampu akan menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol. Hormone cortisol adalah hormon penyebab stress dan sangat disarankan untuk sebisa mungkin jauhi asupan lemak berlebih.
2.    Konsumsi lebih banyak sayur dan buah
Sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mampu membuat anda meningkatkan stamina tubuh. Selain itu juga dapat menetralisir bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh anda. Dengan mengkonsumsi banyak sayur serta buah, dapat menjaga kesehatan pencernaan serta kebugaran tubuh merupakan beberapa contoh manfaat lainnya.

3.    Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan
Makanan dengan kandungan antioksidan akan melawan radikal bebas. Radikal bebas yang mungkin dihasilkan karena polusi, debu dan bahan kimia lainnya.

4.    Selalu menjaga pola hidup sehat
Mejaga pola hidup sehat adalah hal paling penting yang perlu anda budayakan mulai saat ini. Menghindari rokok adalah tugas utama anda dan mulai berolahraga

5.    Melihat riwayat kista
Anda perlu mengetahui garis keturunan keluarga anda, apakah salah satu dari anggota keluarga anda ada yang pernah mengalami kista atau tidak, jika ya, berarti peluang anda menderita kista cukup besar, namun dengan melakukan pencegahan melalui pola hidup sehat anda berpeluang kecil menderitanya

6.    Konsumsi obat herbal
Sudah banyak terbukti orang-orang yang mengkonsusmsi obat-obatan herbal  dalam penyembuhan penyakit kista banyak yang berhasil . Anda bisa menggunakan 30 gram daun dewa, 50 gram temu mangga, 5 gram daging buah mahkota dewa kemudian di rebus bersamaan dengan 800cc air hingga tersisa setengah bagian. Minum secara teratur dua kali sehari.
7.    Tidak menunda kehamilan setelah menikah,
Bagi anda yang sudah menikah, mengutamakan program kehamilan dapat membantu menghindari terjadinya pembentukan kista yang disebabkan oleh adanya frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon.
8.    Lakukan pemeriksaan medis
Pemeriksaan medis dapat berupa pemeriksaan klinis genekologik, untuk dapat melihat apakah ada gejala yang memungkinkan pembesaran ovarium .  Dapat juga dengan cara pemeriksaan USG bila memang diperlukan bisa juga menggunakan alat Doppler.  Pemeriksaan medis juga bisa berupa petanda tumor dan pemeriksaan dengan menggunakan CT-Scan. Ada cara medis terbaru adalah dengan menggunakan crystal X yang efektif untuk mencegah penyakit kista.
9.    menggunakan pil KB
Kontrasepsi oral atau pil KB ternyata mampu meminimalisir resiko seseorang terkena kista karena mampu mencegah produksi sel telur.
10.    Rajin menjaga kebersihan  area kewanitaan
Beberapa kasus penyakit yang berhubungan dengan area kewanitaan. Disebabkan karena infeksi mikroorganisme yang berkembang. Pencegahan sel-sel tumor agar tidak berkembang dapat dilakukan dengan senantiasa membersihkan dan menjaga kelembapan area kewanitaan.