Selasa, 20 Desember 2016

Beberapa Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Di konsumsi Oleh Penderita Kista Ovarium

Menyambung dari artikel sebelumnya mengenai kista ovarium, mari kita mengenal lebih banyak mengenai kista jenis ini. Kista yang sangat dikhawatirkan oleh kaum wanita ini adalah salah satu kista yang perkembangannya akan mengakibatkan gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Meskipun pada dasarnya kista akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi ketidaknyaman bagi wanita yang menderita kista
akan sering dirasakan terutama terasa nyeri pada bagian bawah perut, terjadinya pendarahan menstruasi yang sangat berat. Meskipun kista merupakan penyakit keturunan atau degeneratif, sehingga apabila orang tua ataupun nenek mengalami kista maka sudah dipastikan salah satu keturunannya membawa sifat kista. Untuk itu, sebaiknya anda menjaga gaya hidup sehat, termasuk dalam mengkonsumsi makanan sehingga terhindar dari penyakit kista. Begitu pula bagi anda yang pernah mengalami kista, menjaga asupan makanan yang sehat sangat penting agar kista tidak kembali berkembang di tubuh anda.

Berikut beberapa makanan yang pantang untuk dikonsumsi oleh wanita penderita kista :
1.    Hindari mengkonsumi sayuran tauge, Sawi putih dan kangkung
Alasan bahwa penderita kista harus menghindari mengkonsumsi sayuran seperti tauge di karenakan tauge akan mendorong pertumbuhan sel yang di khawatirkan akan mengembangkan penyakit kista, kemudian sayuran lain seperti sawi putih dan kangkung kurang baik dalam penyerapan obat obat kista yang sedang anda konsumsi. Dikarenakan sawi putih dan kangkung akan mengurangi efektivitas kerja obat. Bagi anda yang telah divonis penderita kista ovarium, kurangi konsumsi cabai karena akan menurunkan jumlah oksigen di dalam tubuh anda.
2.    Hindari mengkonsumsi buah buahan durian, nangka, dan nanas
Pada dasarnya buah buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan, akan tetapi untuk kondisi kesehatan seperti penderita kista atau penyembuhan dari penyakit kista sebaiknya menghindari buah-buahan seperti nangka dan lengkeng. Nangka dan lengkeng mengandung zat yang dapat berpotensi mengembangkan sel kanker. Sedangkan buah buahan seperti durian, nanas, duku dan juga anggur tidak disarankan dalam jumlah banyak dikonsumsi oleh penderita kista, karena mengandung alkohol yang dapat mengembangkan ke sel kanker.
3.    Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda
Minuman beralkohol pada dasarnya akan memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menderita kista atau pernah menderita kista. Begitu pula dengan minuman bersoda yang akan membuat penderita kista semakin parah.
4.    Hindari mengkonsumsi Daging
Daging unggas yang dimaksud adalah daging yang berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan pada unggas sehingga bobot unggas menjadi meningkat. Hormon yang disuntikan pada unggas yang mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan manusia.
5.    Mengurangi konsumsi seafood
Makanan laut tidak baik apalagi dikonsumsi berlebihan, apalagi bila anda menderita kista, kandungan lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi kesehatan anda. Kurangi konsumsi seafood bagi anda penderita kista.
6.    Hindari mengkonsumsi Makanan yang diawetkan
Penderita kista sebaiknya menghindari makanan yang diawetkan, salah satunya mie instans, ikan asin dan beberapa makanan lainnya. Makanan yang diawetkan mengandung kandungan senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Pada dasarnya mencegah adalah cara terbaik daripada mengobati karena meskipun kista ovarium dapat diatasi bukankah lebih baik menjaga gaya hidup sehat demi terhindar dan menghindari penyakit itu jauh lebih baik? Cukup dengan berolahraga setiap hari, mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran dan terutama mengkonsumsi air putih untuk membantu menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan).