Rabu, 28 Desember 2016

Mitos atau Fakta: Benarkah Jakun hanya dimiliki dan merupakan ciri khas laki-laki?

kebanyakan laki-laki yang memasuki masa-masa puber maka akan tumbuhnya jakun, tapi tidak semua lelaki mengalaminya. tapi jangan anggap salah wanita juga memiliki jakun seperti pria, oleh karena
itu ada perbedaan antara ciri-ciri jakun wanita dan pria

Mungkin selama ini yang hanya diketahui adalah jakun milik laki-laki, padahal jakun itu bukan termasuk bagian anatomi khsus spesifik untuk gender tertentu. nah karena sebenarnya laki-laki dan perempuan mempunya jakun untuk menjaga tenggorokannya, tapi pada laki-laki akan terlihat lebih jelas dari pada jakun milik wanita.

bagian tubuh yang bewarna jakun ini merupakan struktur yang berbentuk setengah lingkaran dan paling kelihatan di bagian tengan tenggorakan seorang lelaki. bagian ini akan terlihat jelas jika saat dibawa menelan dan berbicara. biasanya jakun yang memiliki bentuk besar maka suara akan menggelegar.

nah ukuran jakun pada laki-laki ini memiliki ukuran yang besar dari pada jakun yang dimiliki oleh perempuan, hal inilah yang akan membuat laki-laki mempunyai pita suara besar dan panjang dari pada perempuan. apabila perempuan yang memiliki pita suara lebih panjang dan besar akan memiliki jakun yang agak menonjol.

mungkin kamu bertanya-tanya apa fungsi jakun ini, kalau dikutip dari ehow maka fungsi utama dari jakun adalalah untuk memberikan perlindungan terhadap taring atau kotak suara, yaitu organ manusia untuk melindungi trakea dan terlibat dalam memproduksi suara.  hal ini disebabkan tekanan yang berasal dari luar bagian tenggorkan dapat merusak bagian sensitif dari anatomi tenggorakan

sedangkan kalau dilihat dari strukturnya bahwa jakun sepenuhnya hanya perisai setengah lingkaran yang tidak bulat tapi memiliki bentuk tebal.

biasanya dinding dan depan laring tersebut ditutupi oleh tulang rawan tiroid yang bentuknya kaku tidak bertulang tidak keras, material itulah yang membentuk jakun yang melindungi pita suara. tulang rawan ini mirip dengan matrial yang membentuk hidung dan telinga.

karena jakun itu identik dengan pria maka orang akan geli jika wanita memiliki jakun. dan buat beberapa pria yang melaksanakan operasi ganti kelamin, untuk menghilangkan jakun adalah sebuah keharusan.

Meskipun kedua jenis kelamin yang memiliki jakun, tapi organ ini sangat identik dengan jenis kelamin laki-laki dan menandakan bahwa itu laki-laki tulen. nah karena membantu untuk melengkapi penampilan dan perasaan sebagai perempuan, maka ukuran dari tumbuhnya jakun ini akan dikurangi dengan jalan operasi.