Kamis, 29 Desember 2016

Mitos atau Fakta: Benarkah selalu mengkonsumsi Ikan Laut akan membuat bayi dalam kandungan berjenis laki-laki sedangkan Sayuran Berjenis kelamin Perempuan

halo gan bertemu kembali dengan blog sederhana ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah opini menarik yang sering dilantunkan oleh ibu hamil atau suaminya, yaitu benarkah selalu mengkonsumsi ikan laut akan membuat
bayi dalam kandungan berjenis laki-laki sedangkan sayuran berjenis perempuan?, berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh ilmuwan bahwa konsumsi jenis makanan apapun tidak ada hubungannya dengan jenis bayi perempuan atau laki-laki, tapi yang bisa menghasilkan bayi laki-laki atau perempuan tergantung dari gen kedua pasangannya. tapi untuk mengkonsumsi ikan dan sayuran juga sangat penting untuk kesehatan janin, berikut salah satu manfaat ikan bagi kesehatan janin.



1. Ikan lele dan ikan tawar lainnya
ikan lelel menjadi salah satu yang paling bagus untuk dimakan selama proses kehamilan, ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi dan zat gigi yang bisa menumbuhkan dan perkembangan pada janin kamu. selanjutnya ikan lele juga memiliki kandungan fosfor dan kalium. nah fosfor inilah mineral paling penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin, sedangkan kaliumnya untuk membantu jantung dan pembulu darah lebih sehat. ikan yang bagus untuk seorang ibu hamil adalah ikan lele.

2. Ikan salmon dan ikan laut
memang saat wanita hamil tidak boleh untukk mengkonsumsi karena adanya kandungan merkuri, yaitu suatu zat yang dapat merusak pertumbuhan janin. tapi jangan salah, bahwa kandungan merkuri dalam setiap ikan berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang rendah. seperti pada ikan laut dengan kandungan merkuri rendah adalah ikan salmon. nah ikan salmon ini termasuk ikan yang memiliki kandungan merkuri paling rendah, sehingga ikan ini baik untuk pertumbuhan janin dan aman untuk di konsumsi.

3. Ikan Sarden
selain dari ikan salmon, maka salah satu ikan yang baik untuk wanita hamil adalah ikan sarden. ikan ini memiliki kandungan vitamin dan protein yang tinggi dan sangat rendah merkuri. pada saat kamu mengkonsumsinya maka pastikan ikan kalengan yang kamu beli benar-benar berbahan ikan sarden, bukan ikan makarel. usahakan juga kalau memilih ikan sarden usahakan yang rendah sodium, terutama kamu yang mengalami hipertensi saat kehamilan.

4. Ikan teri
kalau kamu bosan dengan ikan sarden maka saya sarankan untuk memilih ikan teri untuk melengkapi nutrisimu saat kamu hamil. meskipun kecil tapi ikan ini memiliki banyak manfaat luar biasaa dibandingkan dengan ikan lainnya. ikan teri ini mengandung kalsium tinggi, zat yang berguna untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. dan yang paling penting ikan ini sangat rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi bag wanita hamil.

5. ikan mas
yang terakhir ikan yang bisa  kamu konsumsi saat hamil adalah ikan mas, dimana kandungan ikan mas sangat rendah akan merkuri, karena dia tidak bisa hidup di perairan yang tercemat maka aman untuk di konsumsi saat hamil. kandungan yang dimiliki oleh ikan ini adalah protein, lemak baik, kalsium, fosfor dan vitamin yang  menunjang kesehatan bagi janin.

nah itulah beberapa kandungan ikan laut yang bisa dijadikan untuk memenuhi kesehatan janin, selain kamu dapat mengkounsumsi ikan kamu juga harus melengkapinya dengan mengkonsumsi sayuran. didalam sayuran juga banyak yang mengandung zat besi, protein, vitamin dan lain-lain.