Kamis, 29 Desember 2016

Mari Simak! Fase Pertumbuhan dan perkembangan Bayi Di dalam Kandungan

Pada fase perkembangan janin dari bulan ke bulan akan sering mengalami perbuhan dan hal ini ingin diketahui ibu hamil untuk memastikan keadaan janinnya yang dikandung apa sedang baik-baik saja. nah untuk mereka yang memiliki modal yang banyak, tentunya bisa melakukan pemeriksaan pada usg setiap bulannya untuk mendapatkan hasil dan bentuk yang jelas dari perkembangan calon bayinya tersebut. tapi bagi mereka yang memiliki modal yang kecil maka mereka merasa tidak perlu melakukan pengecekan pada usg dan lebih untuk melakukan perkembangan janinya dengan cara membayangkan sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan seperti pada umumnya. nah kalau kamu masih penasaran dengan apa saja tahapan- tahapan perkembangan janin dari bulan pertama kehamilan sampai bulan ke sembilan yang kami jelaskan secara singkat agar kamu lebih mudah memahaminya, langsung saja mari kita lihat tahapannya

sebelumya ke tahap kita lihat dulu tahap dalam proses pembuahan
proses pembuahan antara sel sperma dan telur memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. sehingga janin sudah memiliki bakal genitik dan sudah dikombinasi unik berupa 23 jenis kromosom manusia. sel telur yang berada didalam rahim, akan membentuk seperti lingkaran sinar mengelilingi matahari sel ini akan bertemu dengan sel sperma dan memulai proses pembuahan. maka akan terjadi sekitar 5 juta sel sperma dan berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel telur yang tersembunyi pada saluran sel telur. tapi pasukan sel sperma ini sangat banyak dan pada akhirnya hanya satu sel saja yang bisa menembus indung telur. Berikut Fase Pertumbuhan dan perkembangan Bayi Di dalam Kandungan 
 
1. Perkembangan janin pada bulan 1
yang pertama adalah tahap perkembangan janin yang akan membentuknya kantung kehamilan yang berguna untuk melindungi dari air ketuban, sehingga janin akan tetap aman. jadi pada bulan pertama ini, juga akan mengalami perubahan bentuk dan munculnya bentuk baru seperti plasenta yang berguna untuk menyalurkan makanan dan nutrisi dari ibu hami yang diperlukan oleh janinnya. selain itu pada bulan pertama jug ada mulai terciptanya sirkulasi darah dalam tubuh janin itu, sehingga pada bulan pertama ini ibu disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk ibu hamil

2. Perkembangan Janin pada bulan ke-2
pada perkembangan yan selanjutnya adalah janin akan mulai berkembang dan wajahnya sudah nampak kelihatan dan terbentuk. nah bakal telingan sudah mulai kelihatan juga nampak sebagai lipatan pada bagian kanann dan kiri kepalanya. seiring dengan berjalannya waktu maka mulai nampak juga pula calon lengan, kaki dan jer-jemarinya. selain itu juga terbentuk sebuah sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang dan saluran pencernaan juga akan mulai tercipta di usia kehamilan ke- 2 ini.

3. perkembangan janin pada bulan ke-3
pada perkembangan janin yang ketiga ini akan ditunjukkan dengan tahap yang hampir semuanya terbentuk sempurna semua bagian tubuhnya. tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kukunya juga mulai kelihatan an dapat tumbuh. meskipun belum terlihat secara jelas, tapi jenis kelamin bayi di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk dan bisa dilakukan oleh pemeriksaan USG atau ultrasound pada bulan ketiga ini, sehingga sang keluarga bisa mengetahui jenis kelamin dari calon bayi mereka. perlu kamu ketahui juga bahwa bagian dalam tubuh janin juga mulai berkembang pesat, maka sistem kemih dan organ reproduksi juga mulai terbentuk, hati akan memulai memproduksi empedunya.

4. perkembangan janin pada bulan ke-4
selanjutnya pada bulan ke-4 ini juga akan mengalami tahapan yang menunjukkan keadaan yang sudah semakin lengkap. maka bagian- bagian tubuh seperti tangan, kaki,jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas, oleh karena itu pemeriksaan USG juga perlu dlakukan pada usia kehamilan ini agar bisa melihat keseluruhannya. kamu harus tahu juga bahwa dengan bantuan alat khusus, maka kamu bisa mulai mendengat detak jantungnya. sehingga janin akan semakin aktfi dan sering bergerak. nah gerakan yang dilakukan janin ini biasanya adalah seperti menguap, menghisap jarinya dan mengubah expresi wajah. pasti lucu donk heheh.

5. Perkembangan pada bulan ke-5
pada tahap yang satu ini perkembangan janin akan menggerakkan tubuhnya dan akan terasa semakin kencang untuk melatih ototnya. nah pada bulan ini juga kepala janin akan memulai ditumbuhi dengan rambut halus,begitupun juga dengan tangan dan kakinya. pada seluruh kulit akan mulai tertutup dengan lapisan putih yang berfungsi unutk mencegah bayi kena cairan ketuban secara langsung saat dilahirkan kelah.
 
 
6. perkembangan janin pada bulan ke-6
pada perkembangan yang memasuki bulan ke-6 ini maka keriput  pada kulit bayi sudah terbentuk. sehingga pembuluh dari masih bisa terlihat karena kulitnya masih sangat tipis, terutama saat di are sekitar perut. nah pada bulan ini akan sudah dapat membuka dan menutup kelopak matanya dan sudah dapat  bisa mendengarkan suara-suara yang dari luar perut. oleh karena itu dianjurkan untuk sang ibu memperdengarkan music yang klasik pada janinnya menggunakan earphone untuk merangsan kecerdasan janinnya sejak dalam kandungan.

7. perkembangan janin pada bulan 7
pada perkembangan yang ketujuh ini bayi sudah bisa mendengar dan merespon kalau ada suara yang dia dengar di luar perut, dia juga bisa dapat merasakan adanya cahaya. nah pada usia ini maka pertumbuhan bayi kamu akan semakin pesat. sehingga tubuhnya semakin besar dan kamu bisa meraskan bayi yang berganti posisi. nah pada usia kehamilan ini bayi  sudah bisa menyimpan lemak.
 
8. perkembangan janin pada bulan ke-8
pada bulan yang ini maka kulit-kulit semakin banyak saja, sehingga kulit bayi tidak lagi nampak keriput. juga pendengaran dan penglihatannya bayi sudah bisa dapat berfungsi dengan baik, begitu juga dengan sistem dalam tubuhnya yang mana sebagian besar sudah dapat berfungsi, kecuali paru-paru. otaknya juga semakin bertambah sempurna dan ia suka sering menendang-nendang

merupakan tahap akhir, hal ini paru-paru pada bayi akan berfungsi dengan baik. tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada di bawah untuk menghadap jalan keluar. sehingga pada bulan ini akan semakin dekat dengan proses persalinan. sehingga mental harus disiapkan agar kamu siap. pada tahap inilah bayi sudah siap dilahirkan.

pertama kepala bayi akan mengalami turun ke ruang pelvik. sehingga bentuk bayi akan terlihat semakin membualat dan kulitnya menjadi merah jambu. rambutnya juga bertumbuh semakin lebat dan sudah bertambah menjadi 5 cm. tak hanya itu kuku juga semakin terbentuk dengan sempurna. bayi ini sudah bisa melihat adanya cahaya di luar rahim. juga bayi bisa saja sedang belajar untuk mengenal aktivitas harian,selain itu bayi juga sedang dalam melakukan pengaturan pernafasan secara baik  meskipun pernafasannya dilakukan dalam air.  biasanya berat badan bayi ini akan mencapai 2700-2800 gram  yang mana dengan tinggi 49 cm kira-kira.